Cara Mencari Sinyal Parabola Dengan Mudah Semua Satelit

Cara Mencari Sinyal Parabola Dengan Mudah Semua Satelit

Cara mencari sinyal parabola saat pertama kali dipasangkan merupakan sebuah tantangan khususnya bagi pemula, perlu keakuratan yang tinggi ketika menentukan arah utara dan selatan untuk memudahkannya kita bisa menggunakan kompas, saat satelit sudah terkunci selanjutnya menaikan kekuatan sinyal parabola dengan cara mencari kualitas dan kuantitas yang paling tinggi .

lain halnya jika kita mencari sinyal parabola yang hilang biasanya tidak begitu sulit karena satelit pernah terkunci dan arah utara selatannya sudah benar.

Dibawah ini adalah panduan cara mencari sinyal parabola yang dibagi kedalam dua kategori yaitu saat pemasangan pertama kali dan pencarian sinyal yang hilang. 

# Pencarian sinyal pada settingan parabola pertama kali dipasangkan


Jika setting pemasangan parabola sudah selesai dilakukan ( saya asumsikan parabolanya terpasang dengan sempurna dengan pemasangan 2 lNB C-band).

Baca Juga : Panduan cara setting parabola dengan lengkap

Selanjutnya adalah mencari satelit yang bisa diterima, untuk awal kita akan lock palapa D dan telkom 1, namun jika dirasa pemasangannya belum sempurna atau masih ragu silahkan di cek lagi karena jika belum tepat sinyal tidak bisa di lock atau kita susah untuk mencarinya.


1.Masukan frekuensi terkuat satelit palapa ( 3788 H 5630 ) Tv One dan satelit telkom ( 4085 H 6000 ) Trans Tv pada pengaturan satelit di receiver

2.Miringkan parabola ke arah timur perlahan – lahan, sambil melihat ke arah televisi untuk melihat indikator sinyal.

3.Jika sinyal sudah terlihat misalnya 50 persen, selanjutnya kita lock terlebih dahulu.

4.Scan otomatis, pilih dengan mode pencarian bebas.

5.Jika sudah tertangkap channel – channel tv nya, lalu kita tingkatkan kualitas dan kuantitas sinyalnya dengan menggeser sedikit lagi ke arah timur dengan perlahan.

6.Setelah dimiringkan semakin ketimur tapi kualitas sinyal tidak naik, kemungkinan setting parabolanya belum sempurna misalnya jarak tinggi bracket / tiang lnb nya coba naik turunkan diposisi kemiringan parabola saat satelit terkunci, atau bisa juga pergeseran ke arah timurnya terlalu cepat karena beberapa mili saja perbedaan kualitas sinyalnya sangat terasa karena itu untuk memiringkannya diusahakan sangat perlahan.

7.Sekarang seharusnya satelit sudah terkunci dengan kualitas yang paling bagus tergantung ukuran dish yang digunakan, cara diatas untuk mencari satelit palapa pada pemasangan parabola 2 lnb yaitu palapa dan telkom. Untuk satelit telkom jika settingan parabola dan pemasangan lnb nya benar biasanya sudah terkunci otomatis jika satelit palapa nya sudah dikunci karena jaraknya cukup dekat dan dudukan lnb sudah dirancang seperti itu.

# Cara mencari sinyal parabola yang hilang untuk perbaikan

Sinyal parabola bisa lemah bahkan hilang sewaktu-waktu karena beberapa hal diantaranya, komponen parabola rusak atau aus misalnya lnb, switch, dish parabola jebol atau lengkungannya berubah, tiang bergeser, faktor cuaca hujan, terpaan angin dan lain – lain.

Berikut langkah - langkah  memperbaiki Sinyal yang hilang atau lemah:

Pertama adalah kita cek semua komponen parabola yang digunakan , urut dari yang termudah dijangkau misalnya receiver, kabel ke tiang / LNB, posisi tiang dan kemiringan dish. Mungkin terjadi gangguan pada receiver, biasa ditandai dengan channel yang muncul hanya sebagian dan bisa juga receiver menerima sinyal dengan kualitas tinggi tetapi tidak mampu untuk menampilkan gambar. 

Yang biasa sering terjadi gangguan pada receiver khususnya kelas murmer ( murah meriah )  adalah receiver tidak bisa menangkap sinyal dengan kualitas yang tinggi dan itu terjadi hampir diseluruh channel,  misalnya pada kisaran kualitas 25 % - 40 %. Untuk perbaikannya coba kembalikan pengaturan receiver ke bawaan pabrik dan hidupkan bila belum terlalu parah kerusakannya mungkin bisa diatasi dengan cara ini ( saya pernah menggunakan cara ini pada receiver matrik burger dan Itv ) namun jika tidak berhasil ya terpaksa harus membeli yang baru.


Cara mencari sinyal parabola yang hilang

Pada kabel misalnya putus dan jika putus anda bisa memotong atau menggantikannya dengan kabel yang baru. Juga mungkin terjadi kerusakan pada switch diseq parabola karena sering terkena hujan jika hal itu terjadi maka ganti saja switch tersebut, ciri switch yang mengalami kerusakan parah jika switch penghubung untuk LNB Palapa telah mati maka semua siaran satelit palapa tidak ada sinyal begitupun sebaliknya jika switch LNB telkom yang mati maka semua siarannya tidak ada sinyal, jika keduanya rusak berarti tidak sinyal atau siaran sama sekali.

Kerusakan dish parabola, pastikan tidak ada jaring yang rusak atau putus jika memang ada rusak, jika anda menggunakan dish berjenis  plat almunium pastikan tidak ada kotoran dan karat agar parabola bisa menangkap sinyal dengan kualitas optimal dan yang paling penting adalah tidak ada benjol atau kerusakan pada lingkaran dish yang membuat parabola terlihat tidak simetris, untuk masalah karena karena karat bisa di cat ulang dan lingkaran dish yang tidak sempurna sebaiknya membeli yang baru karena biasanya cukup parah kerusakannya jika diperbaikipun hasilnya tidak maksimal.

Cek juga LNB, baik dari penempatan bisa saja bergeser atau rusak, fungsi LNB adalah untuk menangkap sinyal dari titik fokus antena jadi fungsi dan peranan LNB sangat penting, jika lnb rusak sebaiknya diganti dengan yang baru.

Terakhir adalah  cek posisi parabola juga baut – baut penyangganya apakah masih dalam posisi semula dan masih kuat bisa saja goyang karena angin dan bila memang ini masalahnya geser atau miringkan sedikit saja ke arah atas, bawah, kiri dan kanan. jika memang tempat tiang berdiri ini diatas genting dan labil lebih baik pindahkan saja kebawah ketempat yang lebih aman dan dengan cara dicor agar nanti kita tidak repot lagi saat mencari sinyal parabola dengan naik keatas genting.

loading...
Disqus Comments