Panduan cara memprogram parabola secara lengkap

Scanning otomatis adalah pencarian siaran televisi dan saluran radio yang dilakukan dengan sistem Scanning terhadap suatu satelite dimana semua siaran televisi dan saluran radio yang terdapat di satelite yang di-scan akan secara otomatis ditampilkan dan diaktifkan tanpa menghabiskan waktu untuk mengisi frekuensi TP dan Simbol rate untuk mendapatkan suatu siaran yang diinginkan. Hal ini sangat membantu para pengguna receiver atau tekhnisi di lapangan kerja. Scanning otomatis memang sangat mempermudah dan mempersingkat waktu pemrograman siaran televisi atau saluran radio. 

Panduan cara memprogram parabola secara lengkap


Memprogram receiver parabola merk GOLDSAT memang hal yang sangat mudah, namun dibalik kemudahannya terkadang orang yang scanning otomatis ini tidak memperhatikan beberapa hal wajib yang sangat perlu sebelum melakukannya, dimana akhirnya, kemungkinan hasil dari Scanning tersebut tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Hal ini sangat penting untuk diketahui terlebih-lebih bagi para kita-kita yang masih pemula. 

Pastikan anda sudah mengetahui sebelumnya berapa banyak LNB yang dipasangkan ditiang fokus parabola anda. 

Pastikan posisi/ arah payung parabola anda mengarah ke Timur/ sudah disetel sebelumnya oleh tekhnisinya (cth, Parabola yang menggunakan dua LNB, digunakan untuk mencari siaran dari satelite palapa dan telkom arahnya ke bagian timur, bukan ke selatan atau ke utara).

Pastikan signal LNB sudah terhubung ke receiver anda. Cara mengetahuinya, silakan tekan tombol “info” di remote receiver GoldSat anda. Lihat berapa persen itensitas signal/ kekuatan signal. (Pastikan lebih dari 50%) 

Pastikan kualitas signal dapat mencapai posisi satelite yang hendak di-Scan otomatis. Supaya semua siaran dapat ditampilkan. 

Pastikan anda sudah melakukan pengaturan program antenna dengan benar. 

Nah, apabila hal-hal di atas sudah dilakukan/diperhatikan dengan baik dan benar, maka anda sudah bisa melakukan scanning otomatis dimaksud. 

Caranya:

1. Gunakan remote receiver GoldSat anda. (Contoh type GoldSat: GSR-6200) 

2. Tekan tombol menu, maka akan tampil perintah baru di menu utama (main menu). 

3. Silakan pilih Pengaturan Program (Program setting), lalu pilih Scan Otomatis. 

4. Silakan pilih satelite yang ingin anda scan (gunakan tombol arah ke kiri atau ke kanan/ ke timur atau ke barat). Contohnya, satelite yang dipilih adalah PALAPA C2.

5. Tekan tombol page down/ tombol ke arah bawah satu kali di remote GoldSat; perhatikan apakah posisi perintah pengeditan kalau sudah berada pada arah SEARCH atau MENCARI dimana di dalamnya terdapat perintah pencarian yaitu SEMUA/ALL atau BEBAS/FREE (gunakan tombol arah ke kiri atau ke kanan/ ke timur atau ke barat untuk menukar perintah pencarian SEMUA menjadi BEBAS; BEBAS menjadi SEMUA) 

6. Tekan tombol OK/Enter untuk memulai Scanning dan silakan tunggu sejenak hingga Scanning telah selesai 100% 

7. Silakan keluar dengan menekan tombol Menu atau Exit. Data siaran akan tersimpan secara otomatis. 

Semoga bermanfaat dan menghadirkan pengetahuan serta pengalaman baru. 
loading...
Disqus Comments