Cara mudah menentukan jarak LNB Palapa dan telkom 3 s

Untuk bisa menerima siaran dari satelit Telkom 3S posisi parabola harus di set lagi karena posisi satelit Telkom 3S posisinya tidah sama dengan satelit Telkom 1.


 Cara mudah menentukan jarak LNB Palapa dan telkom 3 s


beritaparabola.blogspot.com - Yang pertama kita harus tahu dulu posisi satelit Telkom 3S yang dimaksud. Posisi satelit Telkom 3S berada disebelah timurnya satelit Palapa D. Tepatnya di posisi 118° E.

Jarak satelit Telkom 3S ke satelit Palapa d sama persis dengan jarak satelit Telkom 1 ke satelit Palapa d, hanya bedanya posisi satelit telkom 3s berada disebelah timurnya satelit palapa d, sedangkan satelit telkom 1 berada disebelah baratnya satelit palapa d.

Alhasil untuk mendapatkan sinyal satelit telkom 3s kita tidak perlu merubah jarak lnb nya. Kita cukup memutar 180° posisi lnb. Misalkan parabolanya menggunakan pipa tiang cangkul, kita tinggal memutar tiang cangkul tersebut yang tadinya arahnya ke timur, diputar ke arah barat.

Jika tiang lnb menggunakan tiang tripot maka posisitiang tripot tersebut juga karus dipindah sehingga posisi lnb berbalik arah.

Pada dish dan lnb, posisi lnb telkom 3s berada disebelah barat dan lnb palapa berada di posisi timur karena lnb mendapat sinyal pantulan dari dish sehingga posisinya berbalik arah.

Posisi dish tidak perlu di rubah-rubah. karena cara memaksimalkannya cukup dengan memutar-mutar posisi lnb

loading...
Disqus Comments